ANTISIPASI GEJOLAK PASAR TERKAIT WABAH COVIT 19 DiLAKUKAN OPERASI PASAR OLEH TIM JEJARING KEAMANAN PANGAN DAERAH (JKPD) KAB. ACEH TENGAH

0

Tribratanewspolresacehtengah. com

 

 

Tim Jejaring Keamanan Pangan Daerah (JKPD) Kab. Aceh Tengah melaksanakan operasi pasar dalam rangka memantau ketersedian sembako dan bahan pendukung lainnya terkait wabah Corona (Covid 19) di Kab. Aceh Tengah.

Kamis 19 Maret 2020

Kegiatan diikuti :

1.Kadis Pangan Kab. Aceh Tengah an. H. Juanda, SP.

2. Kabag Ekonomi Kab. Aceh Tengah an. Marwandi Munthe, ST.

3.Kasi kebijakan pelayanan dan penyuluhan Dinas Perizinan an.

Muliana Fitri

4.Kabid Keamanan Pangan an. ir. Zainab, Mp.

5.Kabid pengelolaan dan pemberdayaan sumberdaya perikanan an. Iwan Hasri, Spi. Msi.

6.Kanit II sat Intelkam Polres Aceh Tengah an. Aipda Rinaldi. ZA.

7.Kanit Tipiter sat Reskrim Polres Aceh Tengah an. Bripka Amran Muktar

Kegiatan tim meliputi ,Pukul 09.00 Wib bertempat di Pasar Terpadu Paya Ilang Takengon, Tim melakukan pengecekan ketersedian, harga, kelayakan, masa berlaku terhadap sembako serta melakukan sosialisasi kepada para pedagang, pukul 09.45 Wib Tim menuju ke Toko Grosir Mekar Jaya Kp. Pendere Kec. Bebesen. Tim menemukan beberapa makanan tidak layak konsumsi dikarenakan tidak adanya izin edar dan kemasan rusak, Pukul 10.20 Wib Tim menuju ke Apotik Putro Bungsu Jln. Gatot Subroto, Tim melakukan pengecekan terhadap alat kesehatan diantaranya masker, handsanitiser dan alkohol,

Pukul 11.00 Wib Tim menuju ke Swalayan Petro Mart SPBU Nunang Antara, Tim melakukan pengecekan terhadap barang kebutuhan pokok dan makanan.

Pada kegiatan itu Tim melakukan penyitaan terhadap makanan yang tidak memiliki izin, kemasan, rusak serta masa berlaku habis. Adapun barang-barang yang disita diantaranya :

1. Telur pecah yang dikemas diplastik sebanyak 5 bungkus

2. 1 bungkus Saus yang telah expired.

3. 1 Bungkus Roti tanpa merek dan rusak.

4. Biskuit Merk RBF yang telah expired

Selain itu Tim memberikan sosialisasi kepada para pedagang untuk tidak melakukan Penimbunan dan tidak melayani Pembelian dalam jumlah besar.

Operasi pasar yang dilaksanakan oleh

Tim Jejaring Keamanan Pangan Daerah (JKPD) Kab. Aceh Tengah untuk memastikan stok kebutuhan pokok mencukupi serta mencegah terjadinya kepanikan di masyarakat akibat wabah virus Corona.

Selain itu Tim juga memberi bimbingan kepada para pedagang untuk tidak menjual barang yang tidak layak serta tidak melakukan penimbunan.

Ketersedian dan harga sembako di Kab. Aceh Tengah masih normal namun pada comuditi gula pasir mengalami kenaikan dari harga dari Rp. 12.000/Kg menjadi Rp. 17.000/Kg namun gula masih tersedia di pasar.

Ketersedian masker, handsanitiser dan alkohol telah habis diwilayah Kab. Aceh Tengah.

Humasresacehtengah

Penulis by Zen

Editing. maulana

Share.

Leave A Reply