BAKTI SOSIAL POLRES ACEH TENGAH PEDULI BEDAH RUMAH PURNAWIRAWAN POLRI

0

Polres Aceh Tengah membedah salah satu rumah Purnawirawan Polri yang bernama Said Abidin, seorang kakek yang juga warga Kampung Kutenireje Kecamatan Lut Tawar ini pensiun dari Kepolisian pada tahun 1980 an Kakek Said Abidin memiliki 7 orang anak ,yang 2 diantaranya telah meninggal dunia.

 

Pria yang berusia 80 tahun ini tinggal bersama 2 orang anaknya di dalam sebuah rumah yang sudah tidak layak huni berukuran 5×7 meter. Selain usianya yang terbilang sudah lanjut, Said Abidin menderita beberapa penyakit komplikasi diantaranya asam urat, rematik, stroke ringan, belum lagi faktor usia yang membuat daya ingat, penglihatan, dan pendengarannya mulai berkurang, sehingga menyebabkan Abidin sulit untuk melakukan aktivitas dan tidak dapat bekerja untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Untuk bertahan hidup Said Abidin hanya mengandalkan pemberian dari 2 orang anak yang tinggal bersamanya, hidup dalam keterbatasan ekonomi, salah seorang anaknya bekerja serabutan sebagai pertugas kebersihan di pagi hari dan siang hari bekerja di kebun sampai dengan sore harinya.

Kondisi tempat tinggal yang ditempati Said Abidin bersama 2 orang anaknya sangat memprihatinkan, dan sangat tidak layak huni. Pasalnya, ketika hujan turun, air selalu masuk ke dalam rumahnya. Ketika angin kencang berhembus, seakan-akan kayu-kayunya akan roboh, selain itu juga rumah yang ditempati saat ini berada diatas lahan milik orang lain. Said Abidin berharap Kepolisian Resor Aceh Tengah bisa memberikan bantuan bedah rumah untuknya.

Berdasarkan informasi tersebut, Kapolres Aceh Tengah AKBP Mahmun Hari Sandy Sinurat, S.I.K. melakukan koordinasi dengan PJU Polres Aceh tengah dengan diawali dengan penyaluran bantuan sembako yang diberikan kepada bapak said abidin, kemudian melakukan pembedahan rumah. Tahap awal yang dilakukan adalah menyiapkan material bahan bangunan yang diperlukan, dilanjutkan dengan proses pembangunan. rumah yang dibangun berupa rumah semi permanen berukuran 5×7 meter di Kp Blangkolak II Kec. Bebesen yang tidak begitu jauh dari tempat asalnya. Proses pembedahan rumah Said Abidin menghabiskan waktu selama 1 bulan hingga terbangun rumah yang layak huni.

Dalam proses pembangunan rumah tersebut Kapolres Aceh Tengah Bersama PJU melakukan pengecekan tahapan pembangunan sehingga dengan hal dapat memaksimalkan pembangunan rumah yang akan diberikan kepada bapak Said Abidin.

Tidak hanya bantuan bedah rumah, tetapi juga dilengkapi dengan beberapa perabotan seperti lemari, tempat tidur, dan kursi untuk melengkapi rumah tersebut.

Kemudian Kapolres Aceh Tengah AKBP Mahmun Hari Sandy Sinurat, S.I.K. bersama dengan Para PJU melakukan peresmian rumah bantuan dan menyerahkan kunci rumah kepada diwakili Said Qomar anak dari Bapak Said Abidin untuk dapat ditempati oleh Bapak Said Abidin dan anaknya. Senin (07/09/2020)

Dalam pelaksanaan peresmiaan rumah bantuan ini juga Kapolres Aceh Tengah Bersama PJU memberikan bantuan sembako dan perlengkapan tidur seperti selimut dll.

Kegiatan bedah rumah Polres Aceh Tengah Peduli ini merupakan realisasi dari penyaluran Zakat mal personil Polres Aceh Tengah yang dipotong dari gaji setiap bulannya.

***Humas/Bagops/Polresacehtengah***

Share.

Leave A Reply