PERESMIAN MONUMEN BANTUAN DARI BANK INDONESIA ( BI ) PROGRAM PEMBANGUNAN DESA WISATA KEPADA PENGELOLA OBJEK WISATA BUR TELEGE

0

Tribratanewspolresacehtengahcom..

PERESMIAN MONUMEN BANTUAN DARI BANK INDONESIA (BI) PROGRAM PENGEMBANGAN DESA WISATA KEPADA PENGELOLA OBJEK WISATA BUR TELEGE.

Kapolsek Lut tawar Ipda Masdulhaq didampingi Kasi Humas Bripka Arjuna ikut dalam peresmian Desa Wisata oleh Bupati Aceh tengah .
Bupati Aceh Tengah, Drs. Shabela Abubakar meresmikan monumen bantuan dari Bank Indonesi (BI) di objek wisata Bur Telege Kp. Hakim Bale Bujang Kecamatan Lut tawar Kabupaten Aceh Tengah, Kamis (14/01/2021)

Dalam kesempatan ini Shabela menyampaikan
hari ini kami merasa sangat berbahagia dapat hadir serangkaian dengan acara peresmian dan serah terima program pengembangan kampung wisata yang didukung oleh Bank Indonesia Perwakilan Lhokseumawe. Apresiasi kami kepada jajaran Bank Indonesia Perwakilan Lhokseumawe yang terus berupaya untuk berkontribusi secara nyata baik dalam pengembangan wisata maupun bidang lainnya, termasuk yang baru-baru ini, berupa dukungan terhadap beberapa kelompok tani kopi di kabupaten aceh tengah, untuk ini kami sampaikan terima kasih yang setinggi-tingginya.

Alhamdullilah, Aceh Tengah dianugerahi dengan potensi sumber daya pariwisata yang besar. Namun kita sadari bersama potensi tersebut belum sepenuhnya dapat kita kelola dengan baik. Pengelolaan pariwisata juga tidak bisa instan, perlu perencanaan dan tahapan-tahapan yang perlu kita lakukan sehingga kemajuan sektor pariwisata sejalan dengan nilai-nilai agama dan kearifan lokal yang berkembang dalam masyarakat kita yang agamis. Sebagai daerah religius kita harus terus untuk menciptakan peluang bergerak menjadikan wisata halal atau wisata yang menjunjung tinggi nilai-nilai keagamaan karena secara umumnya di luar aceh, wisata jarang dikaitkan dengan nilai keagamaan.

Kami yakin kita semua tidak menginginkan kemajuan sektor pariwisata malah mengganggu tatanan kehidupan masyarakat, merusak moral generasi muda dan melemahkan semangat beragama. Karena itu, sangat penting untuk merumuskan perencanaan yang terintegrasi, karena sektor pariwisata tidak bisa berdiri sendiri. Dengan perhatian dan partisipasi semua kalangan, kita dapat mewujudkan kemajuan sektor pariwisata Kabupaten Aceh Tengah.

Pemerintah Kabupaten Aceh Tengah telah mengeluarkan peraturan Bupati nomor 36 tahun 2016 tentang pendirian, pengurusan, pengelolaan dan pembubaran BUMK, dan peraturan Bupati Aceh Tengah nomor 62 tahun 2020 di tentang pedoman pedoman teknis pelaksana kegi tentang pedoman ayat (1) berbunyi penyertaan modal bumk digunakan untuk kegiatan usaha produktif. Dengan demikian kami berharap kampung mempedomani regulasi tersebut agar pembentukan dan penata usahaan BUMK sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Kedepannya peran serta camat dan P3MD untuk kemajuan BUMK yang bersifat bisnis ini, mempunyai target yang lebih baik pada tahun 2021 melampaui pencapaian yang telah diraih sebelumnya untuk mencapai kampung mandiri.

Salah satu BUMK berbasis pariwisata yang kami anggap sudah berkembang adalah BUMK bur telege ini, dengan gagasan, ide cemerlang dan kerja sama pemerintah kampung dengan direksi dan manusia, telah dapat menarik wisatawan. Keramahtamahan, kebersihan, kejujuran, dan penguasaan telknologi informasi adalah kunci pokok untuk kemajuan BUMK ini. Kami selaku unsur pembina ditingkat Kabupaten akan terus mendukung upaya pengembangan bumk baik secara moril dan materiil, kembangkan terus kerjasama pengembangan bumk hingga ke pemerintah pusat, dunia usaha serta lembaga non pemerintah.

Itulah beberapa hal yang kami sampaikan dalam kesempatan yang baik ini. Sekali lagi kami sampaikan terimakasih yang setinggi-tingginya kepada jajaran Bank Indonesia perwakilan Lhokseumawe atas dukungan bagi pengembanagan kampung wisata bur telege pada hari ini.

Dalam kegiatan peresmian Bupati Aceh Tengah turut didampingi oleh Kadisparpora Kab. Aceh Tengah Jumadil Enka, S.Sos, MM., Kepala Dinas DPMK Aceh Tengah, Latif Rusdi, Camat Lut Tawar, Hardi Selisihmara, ST. MM dan Kapolsek Lut Tawar Ipda Masjidul Hak.

Penyerahan secara simbolis langsung dilakukan oleh Perwakilan Bank Indonesia cabang Lhokseumawe

Share.

Leave A Reply