Inilah Bentuk Keberhasilan Bhabinkamtibmas Dalam Melakukan Problem Solving Pada Masyarakat

Www.tribratanewspolresacehtengah.com

Inilah Bentuk Keberhasilan Bhabinkamtibmas Dalam Melakukan Problem Solving Pada Masyarakat

Aceh Tengah – Takengon
Problem solving adalah strategi pemecahan masalah yang dilaksanakan oleh pengemban fungsi Bhabinkamtibmas Polri untuk menemukan solusi dari suatu permasalahan. Tujuan dilaksanakan problem solving adalah untuk mendamaikan permasalahan terhadap warga yang bermasalah.

Seperti halnya yang di lakukan oleh Bhabinkamtibmas Polsek Bebesen Polres Aceh Tengah Bripka Irman dalam kesempatan ini menyelesaikan masalah yang di alami warga binaannya di kantor Desa Keramat Mupakat Kecamatan Bebesen Kabupaten Aceh Tengah. Sabtu, (6/1/2023).

Adapun permasalahan yang di hadapi warganya, terkait permasalahan pihak pertama berinisial HN warga Kabupaten Pidie merasa tertipu oleh pihak kedua berinisial RN warga Keramat Mupakat yang bermodus uang arisan yang dilakukan secara Transfer hingga tiba waktu penarikan namun pihak kedua tidak membayarkan uang tersebut kepada pihak pertama senilai Rp. 14.800.000 (empat belas juta delapan ratus ribu rupiah).

Kapolres Aceh Tengah AKBP.Nurochman Nulhakim,S.I.K., melalui Kapolsek Bebesen AKP Delyan Putra,SH,MH., mengatakan bahwa dengan adanya laporan dari HN, Bhabinkamtibmas selaku garda terdepan Polri dalam melayani masyarakat turut membantu membantu menyelesaikan masalah tersebut dengan mengundang kedua belah pihak untuk bertemu dan musyawarah di kantor desa keramat mupakat.

“ Alhamdulillah dengan di dampingi oleh aparat desa keramat mupakat permasalahan tersebut telah di selesaikan dengan damai antara kedua belah pihak dan telah sepakat berdamai dan dituangkan dalam surat perdamaian, dengan cara perempuan RN memberikan uang arisan dari laki-laki HN dengan demikian permasalah kedua belah pihak saat itu dinyatakan selesai,”terang Kapolsek Delyan Putra.

Sementara itu dalam penyelesaian masalah tersebut, Bhabinkamtibmas juga memberikan nasehat dan pesan kamtibmas kepada kedua belah pihak agar tercipta rasa aman dan damai dalam mewujudkan situasi yang kondusif.

“Sudah menjadi tugas dan kewajiban Bhabinkamtibmas untuk melakukan giat problem solving dengan memediasi setiap permasalahan yang terjadi di Desa binaannya dalam rangka menciptakan situasi kamtibnas,”ucap Kapolsek.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *